Musyawarah Desa Pesantunan

Musyawarah Desa Pesantunan

Rapat / Musyawarah Desa Isentifikasi dan Kewenangan Desa More »

ASAL USUL DESA PESANTUNAN

ASAL USUL DESA PESANTUNAN

Kata Pesantunan diambil dari nama More »

Pengrajin Kapal Desa Pesantunan

Pengrajin Kapal Desa Pesantunan

Pengrajin Kapal Desa Pesantunan More »

This is default featured slide 4 title

This is default featured slide 4 title

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

 

Malam sebelum 17 Agustus, Tirakatan

dsc_0626-e1535039259159

Tirakatan – 17 Agustus 1945 adalah hari dimana Negara Republik Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada dunia. Tahun ini, yaitu 2018 merupakan tahun dimana Indonesia berusia 73 tahun yang mana bila dimisalkan dengan manusia maka sudah mencapai generasi ke-3 dari kehidupan manusia itu.

Malam sebelum tanggal 17 Agustus, tepatnya malam jum’at 17 Agustus 2018 di Desa Pesantunan selalu mengadakan malam syukuran atau sering disebut “tirakatan” atas merdekanya bangsa Indonesia dari jajahan negara lain. Malam tirakatan ini dimulai setelah sholat Isya sampai jam 10. Runtutan acara dimulai dari pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka, sambutan tokoh masyakat desa, pembacaan ayat suci Al-Qur’an sedikit ringkasan dari perjuangan Rakyat Indonesia, lalu dilanjutkan dengan berdo’a bersama, dan acara terakhir ialah makan tumpeng bersama-sama. Tumpeng yang ada pada acara tirakatan merupakan hasil gotong royong dari warga, setiap RW mengirimkan 1 tumpeng di acara tersebut.

Foto Malam Tirakatan

Foto Peserta Malam Tirakatan

Dari sebelah kanan foto lalu kekiri pada malam tirakatan tahun ini dihadiri oleh Pak Muro’i selaku kepala desa, kemudian Pak H. Nursidik yaitu tokoh masyarakat Desa Pesantunan, lalu Pak Safrul sebagai ketua Panitia HUT RI 73th, para warga Desa Pesantunan, dan tidak lupa Mahasiswa KKN Alternatif Universitas Pancasakti Tegal.

Pada acara tersebut mahasiswa diberi amanah untuk menjadi penerima tamu, MC, dirijen, pembaca ayat suci Al-Qur’an. Amanah yang diberikan oleh warga desa, lebih tepatnya Panitia HUT RI dilaksanakan dengan baik, sehingga saat malam itu acara berjalan dengan lancar, hikmat dan tanpa hambatan. Mahasiswa KKN Alternatif UPS menghadiri malam tirakatan menggunakan pakaian seragam yaitu jaket KKN Universitas Pancasakti Tegal yang berwarna biru terang dan berada disekitar warga guna “nimbrung” dengan warga sekitar agar terjalin tali silaturahim.

Acara yang ditutup dengan makan tumpeng bersama itu adalah acara pembuka dimana keesokan hari adalah hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang diisi dengan berbagai acara guna memeriahkan kemerdekaan Indonesia itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *